Bagi webmaster, optimasi dan google analytics tentu bukan barang yang langka, bener ga Rek?
Kalau ngaku webmaster tapi belum pernah melakukan optimasi dan ga pernah kenalan dengan Google Analytics tentu perlu diragukan posisi webmasternya…hehehehehe.

Okay back to topic. Sebagai seorang webmaster terkadang kita telah banyak sekali melakukan perubahan-perubahan ini itu di website kita, sampai terkadang kita lupa perubahan apa saja yang pernah kita lakukan. Sadarnya ketika lihat dari analytics eh, trafiknya naik, ini kenapa ya, atau eh..lha kok pengunjungnya malah turun ini karena apa ya?
Nah, untuk menghindari penyakit lupa tersebut, sebenarnya Google melalui Google Analytics telah menyediakan fitur untuk mecatat segala perubahan terkait optimasi ini.

Tetapi sebelum melakukan pencatatan ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat optimasi, jadi ketika melakukan optimasi dan mencatat kita bisa langsung tahu dampak perubahan yang kita lakukan tadi.
Nah apa saja yang perlu kita lakukan saat melakukan optimasi website

1. Target
Melakukan optimasi di website tentu ada targetnya donk, nah tentukanlah dulu apa target optimasi di website kita, untuk target ini ada beberapa macam sih, seperti misalnya ingin pengunjung organik naik, pingin pages/session naik atau pingin pageviews naik atau ingin pengunjung betah di website kita atau ingin menurunkan bounce rate.
Setelah target ditentukan, barulah optimasi yang menyangkut target tersebut dilakukan.

2. Catat
Catat setiap perubahan yang kita lakukan pada situs pada saat proses optimasi.
Tujuan dari pencatatan ini adalah supaya kita punya history point dari website kita.
Misal tanggal 1 januari kita melakukan perubahan penambahan meta data pada website, tanggal 2 januari melakukan perubahan design halaman detail. Nah 2 perubahan ini tentu akan mempunyai target yang berbeda dan hasil yang berbeda pula.
Dengan mencatatnya tentu akan mudah kita dalam melihat perkembangan website kita Rek.

3. Google Analytics
Semua tentu bisa dilihat di google analytics, perkembangan naik turun sebuah website yang kita kelola dapat dengan mudah dilihat disini.
Bahkan untuk pencatatpun dapat pula dilakukan di sini, jadi dijamin kalian dapat langsung melihat hasil catatan sekaligus melihat perkembangan situs.
Dimana tempat pencatatan ini?
Google Analytics menamai fitur ini sebagai Annotation.
Tempatnya berada persis di bawah graphic di menu Audience Overview. Di bawah tanggal terdapat panah ke bawah, silahkan diklik, kemudian akan tampil form.

google analytics

Untuk menambahkan catatan, bisa diklik Create new annotation.

ga1

Nah dengan cara seperti ini optimasi dan pencatatan akan berjalan selaras. Selamat mencoba