Seni Perang: Hancurkan Peradaban Bangsa Yang Dikalahkan Dengan Membumihanguskan Bangunannya

Yup, semua pasti sepakat bahwa perang adalah suatu perbuatan yang kejam.
Banyak orang mati di medan peperangan, dana yang dikeluarkan untuk peperangan pun tidak sedikit, sistem pemerintahan rusak, perekonomian dan perdagangan rusak, dan yang paling penting adalah dampak perikemanusiaan berkepanjangan dari perang tersebut.

Selain itu semua ternyata ada satu hal yang luput dari perhatian kita selama ini, ternyata peperangan juga membawa dampak dalam bidang kebudayaan. Konon katanya ketika kerajaan Majapahit runtuh oleh serangan dari Demak, para militer Demak pada saat itu diperintahkan untuk membumi hanguskan rumah-rumah adat/rumah-rumah penduduk Majapahit.
Tujuan dari pembumihangusan ini ternyata adalah untuk mengubah pola pikir/mindset/budaya masyarakat, selain itu juga ada kaitannya dengan agama baru yang akan disebarkan. Setelah Majapahit runtuh, pemerintah Demak memerintahkan untuk membangun rumah-rumah adat baru yang telah mereka tetapkan bentuk bangunannya, hal ini dilakukan karena pemerintah Demak ingin menanamkan pola pikir/mindset yang baru di tanah Jawa.

Jadi rumah adat Jawa yang ada sekarang ini adalah bukan rumah adat Jawa yang sebenarnya. Rumah adat Jawa yang sebenarnya adalah rumah adat Bali.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close