Semuanya setuju bahwa tantangan besar dalam mengembangkan e-commerce di Indonesia adalah mengikis kekhawatiran masyarakat untuk bertransaksi secara online. Salah satu penyebabnya tentu saja adalah penipuan bermodus jual-beli barang yang kerap terjadi.
Menyebalkan bukan? Padahal belanja online itu enak, tidak perlu antri, tidak perlu kepanasan, tinggal klik-klik barang akan datang ke rumah.

Berikut beberapa tips berbelanja online secara aman:

1. Harga
Jangan selalu tergiur oleh harga barang yang terlalu murah. Lebih murah 25-50% dari harga pasaran adalah sangat tidak wajar, jadi berhati-hatilah.

2. Berbelanja lewat Forum Jual Beli
Berbelanja lewat forum jual beli menurut ariherdi adalah sedikit lebih aman daripada berbelanja melalui situs seperti tokobagus.com, berniaga.com atau yang lainnya. Kenapa?
Karena lewat forum jual beli, kita bisa berkomunikasi langsung dengan penjual barang, melalui topik yang dibuat ataupun lewat sms.
Waspada bila penjual masih merupakan pemain baru, jarang online, dan foto barang adalah bukan foto asli.

3. Rekening Bersama
Dikarenakan masih belum familiarnya paypal sebagai alat pembayaran online di Indonesia, usahakan untuk menggunakan jasa rekening bersama bila nilai transaksi anda mencapai ratusan ribu atau lebih.
Lebih baik menambah ongkos jasa memakai rekening bersama kan, daripada harus kehilangan uang ratusan bahkan jutaan rupiah.

4. Reputasi
Cek selalu reputasi penjual barang melalui thread-thread yang dibuat, jika anda akan bertansaksi online melalui forum jual beli

5. Komunikasi
Selalu bangun komunikasi dengan penjual sebelum melakukan transaksi online. Apakah repon-nya cepat? Apakah cukup ramah atau bahkan terlalu ramah?

6. Insting
Yang terakhir adalah pergunakan insting dan kata hati anda.

Nah, apakah ada yang menambahi tips yang lainnya? Silahkan ditambahkan di form komentar.
Akhir kata, selamat berbelanja online.🙂